Air Terjun Pundak Kiwo (Jarakan & Watu Ondo)

1
Air Terjun Watu Ondo

Terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Propinsi Jawa Timur dan terletak pada Koordinat GPS: 07041’51.1” LS – 111012’26.7” BT pada ketinggian 1.476 m dpl.

Untuk mengunjungi air terjun ini dapat kita tempuh dari beberapa jalan, namun yang paling mudah dari Ngerong. Apabila anda datang dari arah Magetan, ketika mencapai daerah Ngerong (sebelum pertigaan ke arah Sarangan) ada papan petunjuk sebelah kiri jalan ke arah Air Terjun Pundak Kiwo. Dari pertigaan ini kita harus maju sepanjang kurang lebih 2 KM untuk sampai ke pintu gerbang atau loket pembayaran, ada beberapa persimpangan kalau ragu2 sebaiknya bertanya kepada orang yang ditemui pasti akan ditunjukan.

Setelah sampai di gerbang, kita dapat menitipkan kendaraan kita ke penduduk sekitar pintu gerbang, disini gak ada tempat parkir resmi. Pintu gerbang biasanya dijaga oleh ibu2 pemilik warung sebelah loket pembayaran dan kita dapat menitipkan mobil kita di rumah ibu ini.

Untuk anda yang pertama kali datang kesini sebaiknya menggunakan jasa pemandu penduduk lokal, untuk menghemat waktu dan kita akan ditunjukan semua tempat menarik di daerah ini, sekalian menjadi teman omong2 kita dalam perjalanan…sepi mbanget lho daerah sini.

2
Air Terjun Watu Ondo

Setelah bayar tiket…kita mulai jalan2 kita, dengan berhias hutan pinus dan tebing tinggi di kanan kiri kita…udara sejuk, maklum diketinggian diatas 1.000 meter dpl. Setelah perjalanan sejauh 500 meter kita akan menemukan air terjun Watu Ondo, dengan puncak air terjun dengan ketinggian kira2 hanya 10 meter (web pemkab 20 m).

3

Setelah puas foto2 Watu Ondo…perjalanan dilanjutkan…kira2 hanya berjarak 100 meter dari Watu Ondo, kita akan menemukan Air Terjun Jarakan. Menurut web pemkab ketinggian Air Terjun Jarakan 35 meter, menurut saya lebih dari itu, perkiraan saya ketinggian Air Terjun Jarakan sekitar 70 – 80 meter

4
Air Terjun Jarakan

Hati2 saat mendekati Air Terjun Jarakan…batuan diatas sangat labil, sering runtuh, erutama disaat musim hujan…sebaiknya segera keluar dari daerah sini..gazebo2 sepanjang jalan atapnya banyak yang rusak ketimpa batu2 yang jatuh…atapnya dari beton cor lho…

5
Air Terjun Jarakan

Setelah puas menikmati Air Terjun Jarakan, perjalanan dapat dlanjutkan menuju ke Air Terjun Pundak Kiwo…yang merupakan air terjun tertinggi letaknya dari ketiga rangkaian air terjun didaerah sini…dengan ketinggian sekitar 45 meter (web pemkab) dan berada diketinggian sekitar 1.475 meter dpl. Jarak Air Terjun ini dari Jarakan kurang lebih 1,5 KM dengan trek yang lumayan menguras tenaga.

Sebelum mencapai Pundak Kiwo, kita akan melewati bekas sendang Banyumas…namun sekarang sudah hilang hanya tinggal jejaknya saja, tanpa menyisakan bekas kalau disitu pernah ada sendang…mungkin lingkungan disini sudah berubah.

Seluruh rangkaian air terjun dilokasi sini sangat tergantung kepada air hujan…disaat musim kemarau…hampir tidak ada air yang mengalir…bahkan ketka pertama kali saya berkunjung di bulan Desember 2012 air yang mengalir belum terlalu deras… baru pada saat kunjungan yang kedua di akhir Februari 2013 air mengalir cukup deras…cukup cantik untuk dinikmati.

6
Air Terju Pundak Kiwo

Ada satu lagi spot yang cukup unik disini…watu ongko…saya nggak tahu ini prasasti apa makam…tapi yang jelas…menurut mas pemandu sesekali dilakukan upacara atau sesaji disitus ini…he…he…he…hari gini masih ada sesaji..larung dilaut.. larung di telaga…dan macem2 lagi keyakinan orang Islam di Indonesia ini…mengatas namakan budaya…masyaAllah…mudah2an segera menyadari kesalahannya…

7
Air Terjun Pundak Kiwo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s