Air Terjun Tirtasari

tirtasari2

Terletak di Dukuh Ngluweng, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan atau Koordinat GPS: 7° 39′ 50.72″ S 111° 11′ 43.84″ E

Berjarak kurang lebih 2 KM dari Telaga Sarangan, untuk mencapai air terjun ini sangat mudah, silakan mengelilingi telaga sampai menemukan monumen pesawat MiG-17 Fresco yang pernah mengawal angkasa Negara Republik Indonesia tercinta ini. pintu masuk sekaligus tempat pembayaran tiket untuk menuju air terjun hanya berjarak 50 meter dari monumen ini. Kalau anda membawa mobil pribadi sebaiknya diparkir ditempat parkir dekat monumen ini, oh ya kawan untuk mencapai monumen ini silakan anda mengelilingi telaga dengan putaran sesuai arah jarum jam, soalnya kalau kebalik kita tidak akan dapat mencapai monumen karena ada penghalang pipa2 besi yang ditanam ditengah jalan.

tirtasari1

Setelah membayar tiket masuk (saat itu Rp.7.000,-/orang) bagi anda yang membawa motor masih dapat dikendarai sejauh kurang lebih 1 KM, dengan jalur yang beda antara motor dan pejalan kaki. Bagi anda yang mengendarai mobil, disini kita mulai jalan kaki karena jalan selanjutnya cukup sempit (tidak cukup untk 2 mobil), atau kalau malas kita dapat naik kuda, tapi saran saya sebaiknya jalan kaki saja.

tirtasari3

Disepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang indah…kebun sayur…bukit…aliran sungai. Kira2 separoh perjalanan jalan masih landai dan setelah menemukan Gapura kampung jalan mulai bervariasi. Ada 2 Gapura, ambil Gapura yang kiri ya dan didekat sini ada parkir motor, semua harus jalan kaki dari sini, kecuali yang naik kuda.

tirtasari4

Separo perjalanan lagi jalan mulai agak mendaki, tapi gak mengapa itung2 olah raga…sekaligus pemanasan biar tubuh agak hangat…disini khan agak dingin, bahkan dibulan2 tertentu sangat dingin (bediding bhs Jawa), maklum air terjun ini berada diketinggian lebih dari 1.200 meter.

tirtasari

Setelah kita berjalan selama antara 30 – 60 menit tergantung kekuatan fisik kita, kita akan sapai di air terjun yang cantik ini..dengan ketinggian kata web pemkab 50 meter, tapi kayaknya gak sampai deh…air terjun utama kurang lebih 30 meter dan dihias dengan aliran sungai dengan jeram bertingkat.

tirtasari6

Monggo Mas Bro dan Mbak Sis menawi kerono ing penggalih tindak Tirtosari….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s