AIR TERJUN BANYU LAWE

AIR TERJUN BANYU LAWE

Kali ini saya mau pamer air terjun kedua yang saya kenal di Kabupaten Madiun….Air Tejun Banyu Lawe.

Berbekal sedikit info dari teman LCC Pak Gendhut Prayitno dan sedikit agak nekad, karena gak ada yang nemenin…siap untuk memburu Banyu Lawe.

Air Terjun ini berada di desa Kepel Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Untuk menuju kesini dari Alun2 Madiun silakan menuju ke Dungus, lanjutkan ke Wana Wisata Grape dan selanjutnya teruskan perjalanan anda ke PLTA Giringan, silakan belok ke kanan dan setelah 500 meter disebelah kiri akan terlihat waduk PLTA Giringan, disini kita akan menemukan pertigaan silakan belok ke kiri menanjak. silakan maju kurang lebih 2 KM jalan aspal habis kita akan menemukan pertigaan, sebelah kanan jalan naik makadam, sebelah kiri jalan tanah menurun.

Dari sini perjalanan akan mulai mengasyikan, kurang lebih 7 KM dari pertigaan menuju air terjun kita akan melewati medan off road…apalagi saat musim hujan, seperti saat saya kesana…dengan motor trail Kawasaki KLX saya mencoba melewati jalur ini…. hasilnya…tiga kali saya jatuh dari motor he…he…he..maklum gak pernah naik motor di medan kayak gini…lewat lumpur….nyebrang sungai…sendirian lagi…jatuh bangun.

jalur yang dilalui

Akhirnya saya menyerah balik kanan…mau pulang …untungnya ditengah jalan ketemu Mas Mujiono warga setempat yang berangkat mau nangkap burung untuk dijual, saya diantar menuju ke Air Terjun dengan jalan kaki…naik motor sendirian aja sudah gulung koming apalagi kalo goncengan, jadi motor ditinggalkan dipinggir jalan tanpa ada yang jaga (ternyata di desa sangat aman ya, coba dikota motor ditinggal berjam2 tanpa ada yang nunggu). Setelah beberapa saat jalan kaki ternyata didepan ada pertigaan… silakan ambil jalan kiri (jalan kecil), ternyata waktu tadi pakai motor saya salah ambil jalur, saya ambil jalan yang lebih besar…jathuk’o ora tekan nggon.

sungai yang disebrangi

Dengan dipandu Mas Mujiono akhirnya saya berhasil menemukan air terjun ini, Air Terjun banyu Lawe adalah air terjun paling cantik di Kabupaten Madiun, dengan ketinggian sekitar 40-50 meter dan debit air yang cukup besar menambah keelokan air terjun ini.

IMG_3082_1a

Total jarak tempuh dari Alun2 kota Madiun kurang lebih 30 KM, tapi jangan harap bisa anda tempuh dalam waktu 1 jam, ini perpaduan antara motor dan jalan kaki kawan, jadi jangan lupa bawa bekal, air minum dan camilan…nasi jotos juga boleh, ato kalo rame2 sekalian camping disini…pasti asyik.

IMG_3103_1a

OK guys, kalo anda pecinta air terjun, air terjun ini cukup pantas anda kunjungi, hanya pesen saya kalau mau kesini jangan sendirian kayak saya…untung saya orang baik, jadi banyak yang nolong he..he..he….kembali lagi pesen saya (dan memang biasanya yang kesini selalu rombongan, belum pernah ada yang nekat sendirian) ajak beberapa teman, asyik kok perjalanan dan pemandanganannya…perpaduan antara hunting (Photography) dan advanturing…..  jangan segan2 untuk bertanya, kalo perlu silakan menghire penduduk lokal sebagai pemandu, selamat berburu.

IMG_3087_1a

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s